Minggu, 12 Juni 2016

Kebun Nopi

 Rabu, 8 Oktober 2014 09:10 WIB
kawasan_kebun_nopi.jpg
arena dayung
Bila memandang sepintas lalu, maka akan terlihat begitu megah bangunan di Venue Dayung Kebun Nopi, Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kuantan Singingi. Betapa banyaknya pembangunan yang telah dikerjakan di kawasan tersebut. Bahkan, kini kawasan Danau Kebun Nopi terlihat tertata dengan baik.

Di kawasan itu, berdiri dengan megah bangunan bertingkat, ada dermaga, irigasi yang dibendung, jalan dan tebing dam yang dibangun dengan indahnya, serta pembangunan pintu gerbang, pengaspalan jalan dan sebagainya.

Kesemuanya itu menambah keindahan dan membuat Venue Dayung yang digunakan pada perhelatan PON Riau 2012 lalu. Bila dikelola dengan baik, bisa menjadi tempat wisata di Kuantan Singingi di masa mendatang. Namun begitu, masih banyak yang harus dipersiapkan lagi apabila ingin menjadikan kawasan Danau Kebun Nopi itu sebagai tujuan wisata.

Setidaknya, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat harus memperbanyak membuat promosi dan bahkan harus mempersiapkan tenaga pemandu wisata, dan juga harus mempersiapkan pendukung lainnya berupa hiburan dan pondok atau homestay sebagai tempat peristirahatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Drs. H. Muharman, M.Pd  pernah mengungkapkan bahwa, usai pelaksanaan PON Riau, Danau Kebun Nopi akan menjadi aset wisata bagi Kuansing.

"Jadi untuk pengelolaannya diserahkan ke Disbudparpora Kuansing, agar dikelola dengan baik dan bisa mendatangkan pengunjung dan dijadikan tempat wisata dengan mengadakan ivent yang lebih besar," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar