Minggu, 12 Juni 2016

Pesona Indahnya Danau Biru di Petai Kuansing

Selasa, 29 Maret 2016 06:15 WIB

TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tidak hanya memiliki objek wisata berupa air terjun. Namun juga memiliki sebuah danau yang cukup luas dan sangat menawan. Ya, danau ini terletak di Desa Petai Kecamatan Singingi Hilir, sekitar 130 Km dari Kota Pekanbaru.
Ketika sampai di Desa Petai, traveler tidak langsung menjumpai danau yang diberi nama Danau Biru ini. Sebab, lokasinya berada di areal pertambangan batubara. Untuk sampai ke lokasi, bisa menggunakan kenderaan roda empat dan roda dua. Lokasinya sangat mudah dijangkau, hanya melewati beberapa tanjakan. Dimana, jalannya cukup besar tapi masih jalan tanah. Menurut keterangan warga setempat, Danau Biru terbentuk karena adanya aktivitas pertambangan batubara. Dimana, telaga tersebut merupakan bekas galian tambang.
"Galian bekas tambang ini terisi oleh air, karena dasarnya merupakan bebatuan dan cukup dalam, makanya air terlihat begitu biru," ujar Presno, salah seorang warga Petai saat ekspedisi Tangko, Sabtu, 26 Maret 2016. Danau ini sangat luas. Bahkan, siapa saja yang datang, sulit untuk beranjak pergi. Tentunya, sebelum beranjak tak lupa mengabadikan momen di Danau Biru ini. Kendati sangat indah, namun belum ada yang berani turun menikmati segarnya danau tersebut. Sebab, masyarakat belum mengetahui secara pasti apakah airnya sudah bersih atau masih mengandung logam berat. "Seandainya ada wahana permainan air, tentu ini akan lebih menakjubkan. Ditambah dengan dibangunnya beberapa pondok kecil untuk pengunjung istirahat," ujar Presno. Lebih lanjut, ia menyatakan Danau Biru jauh lebih indah jika dinikmati pada sore hari ketika cuaca cerah. Kondisi ini membuat suasana semakin romantis dan sangat tepat jika dinikmati bersama orang-orang tercinta.
Pesona Indahnya Danau Biru di Petai Kuansing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar